Kamis, 06 Desember 2012

PERBANDINGAN SEPAK BOLA PRIA DAN SEPAK BOLA WANITA


                PERBANDINGAN SEPAK BOLA PRIA DAN SEPAK BOLA WANITA
                                       
                                                                  
 Berbicara tentang olahraga sepak bola, dalam memori kita hanya membayangkan tentang permainan-permainan spektakuler oleh bintang-bintang kelas dunia baik dari daratan Eropa, Afrika, Amerika, Australia, dan tak ketinggalan daratan Asia. Semua program televisi Indonesia pun dipenuhi oleh tayangan sepak bola baik langsung maupun tayangan ulang dari pertandingan-pertandingan yang sangat menakjubkan, dan semua pertandingan tersebut hanya diperagakan oleh kaum laki-laki saja. 
Seiring berjalanya waktu dan kehidupan masyrakat yang semakin modern, permainan sepak bola kini bukan lagi milik laki-laki saja, melainkan wanita pun ikut berpartisipasi dan ikut beraksi dalam memainkan si kulit bundar ini, entah karena mengikuti para idolanya atau hanya sekedar hoby saja. Namun, yang jelas olahraga ini memang terkenal sebagai olahraga mendunia. Sayangnya, sepak bola wanita dan pemain wanita yang handal saat ini belum begitu banyak di gemari oleh para penggemar sepak bola dunia sama halnya dengan sepak bola laki-laki. Gaya permainan sepak bola yang diperagakan wanita sedikit berbeda  dengan gaya permainan sepak bola laki-laki, gaya permainan sepak bola wanita lebih memainkan bola-bola panjang dan penguasaan bola dari kaki ke kaki sangat minim diperagakan oleh kaum wanita, sedangkan gaya permainan laki-laki lebih dominan dengan bola-bola pendek dan umpan-umpan yang sangat akurat sehingga permainannya kelihatan menarik. Hal ini mungkin dilihat dari faktor stamina dan teknik yang ditunjukan oleh setiap pemain. Aturan dalam permainan sepak bola wanita hampir sama dengan aturan sepak bola laki-laki.
Berbicara mengenai tanggapan masyarakat terhadap sepak bola wanita sejauh ini belum ada tanggapan-tanggapan yang negatif, karena sepak bola wanita ini sudah di izinkan secara resmi oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), bahkan saat ini wanita sudah menjadi bagian penting dalam dunia sepak bola yaitu ikut berpatisipasi menjadi seorang pemimpin lapangan hijau (wasit) dalam perandingan sepak bola baik dalam pertandingan sepak bola laki-laki maupun wanita. Hal ini menggambarkan bahwa olahraga sepak bola bukan semata-mata milik kaum hawa saja melainkan sepak bola milik  wanita juga.
 Jika dilihat dari komposisi pemain dan teknik permainannya terhadap setiap pemain, serta tingkat persaingan mengenai olahraga sepak bola, mungkin saat ini Negara Amerika lah yang mendominasi permainan sepak bola wanita. Hal ini dilihat dari pertandingan piala dunia sepak bola wanita yang diselenggarakan di Negara Jepang beberapa bulan yang lalu. Karena permainannya yang sangat dramatis dan teknik yang tinggi yang dimiliki oleh setiap pemain masing serta strategi yang jitu dari pelatih menjadi kunci keberhasilan tim ini untuk mengalahkan lawan-lawannya dari berbagai Negara  yang mengikuti pertandingan ini, dan  dalam  turnamen tersebut Negara Amerika lah yang berhasil merebut kejuaraan piala dunia sepak bola wanita. Dari Negara-negara yang mengikuti pertandingan piala dunia wanita ini, utusan dari Benua Asia hanyalah Negara jepang dan Negara korea selatan, dua Negara inilah yang bisa menyaingi sekaligus mewakili  pesepak bolaan dunia (wanita) benua Asia dengan Negara-negara yang berasal dari benua Amerika, Eropa, dan Afrika.
Berpijak dengan pernyataan di atas, lalu bagaimana dengan pesepak bola wanita Indonesia?
Berbicara mengenai sepak bola Indonnesia, pastilah hal yang pertama di bicarakan adalah pertikaian antar supporter dan pertikaian antar tim, pertikaian dalam sepak bola Indonesia bisa di ibaratkan Kisah Seribu Satu Malam, hal ini bisa dilihat dengan realita mengenai pertikaian yang terjadi sekarang ini di Negara kita yang tak kunjung berakhir. Dengan adanya pertikaian yang merajalela ini mungkin menjadi salah satu faktor bahwa sepak bola kita tak pernah bisa bersaing dengan Negara-negara di kawasan Eropa baik sepak bola pria maupun sepak bola wanita.
             


  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar